Monday, April 6, 2015

Pengertian Pancasila Secara Etimologis

Pengertian Pancasila Secara Etimologis
Hai sahabat blog Rumusan Pancasila. Kedudukan dan fungsi Pancasila apabila dikaji secara ilmiah memliki definisi yang luas, baik dalam kedudukannya sebagai dasar Negara, sebagai ideologi bangsa dan Negara, sebagai pandangan hidup bangsa, sabagai kepribadian bangsa bahkan dalam proses terjadinya terdapat berbagai macam terminologi yang harus didesktipsikan secara objektif. Selain itu, pancasila secara kedudukan dan fungsinya juga harus dipahami secara kronologis. Oleh sebab itu, untuk mengerti Pancasila secara kronologis baik menyangkut rumusannya ataupun peristilahannya maka pengertian Pancasila tersebut meliputi lingkup pengertian sebagai berikut :
Pengertian Pancasila Secara Etimologis
Secara etimologis istilah “Pancasila” beawal dari Sansekerta dari India (bahasa kasta Brahmana) adapun bahasa rakyat biasa adalah bahasa Prakerta. Menurut Muhammad Yamin, dalam bahasa sansekerta istilah “Pancasila” memilki dua macam makna secara leksikal yaitu : “panca” artinya “lima”
“syila” vokal I pendek artinya “batu sendi”, “alas”, atau “dasar”
“syiila” vokal i pendek artinya “peraturan tingkah laku yang baik, yang penting atau yang senonoh”
Kata-kata tersebut kemudian dalam bahasa Indonesia terutama bahasa Jawa diartikan “susila “ yang memilki hubungan dengan moralitas. Oleh karena itu secara etimologis kata “Pancasila” yang dimaksudkan adalah adalah istilah “Panca Syilla” dengan vokal i pendek yang memilki makna leksikal “berbatu sendi lima” atau secara harfiah “dasar yang memiliki lima unsur”. Adapun istilah “Panca Syiila” dengan huruf Dewanagari i bermakna 5 aturan tingkah laku yang penting.
Pengertian Pancasila Secara Etimologis

No comments:

Post a Comment