Thursday, April 2, 2015

Pengertian Pancasila

Pancasila berasal dari ajaran budha yang kemudian dijadikan ideologi dasar bagi negara Indonesia. Dalam kitab tripitaka kata: panca berarti lima dan syila berarti dasar. Jadi Pancasia secara leksikal bermakna lima aturan pending dalam bertingkah laku.

Selanjutnya saya akan menulis tulisan bebeas yang tidak terkait dengan judul tulisan yaitu pengertian pancasila. Saya menulis tulisan ini hanya sebagai pendukung jumlah karakter yang baik dalam tulisan, Tidak ada isi dalam tulisan ini apalagi keterkaitan dengan pancasila. Saya sebenarnya bingung mau menulis apa tapi nulis aja juga nanti nemu apa yang mau di tulis, Sekarang saya sedang mendengarkan lagu sheila on 7 yang berjudul my lovely dari album musim yang baik. Album ini memiliki single pertama yang berjudul lapang dada. Single pertama begitu dalalam maknanya. Lagu itu berkisah tentang seseorang yang harus berlapang dada karena seseorang yang dicintainya pada akhirnya menikah dengan orang lain. Video klipnya juga bagus. Model yang menjadi seseorang yang meninggalkan laki2 diperankan oleh Tatjana Saphira. Artis cantik berdarah keturunan itu memang kerap menjadi model klip band band terkenal tanah air. Dia pernah juga menjadi model video klip dari Noah. Lanjut... kira-kira sudah satu paragra saya menulis original konten dengan cepat tanpa berpikir. Ternyata kalo gini yang capek bukan otak ya tapi jari-jari karena ga ada hentinya...

Oke memasuki paragraf selanjutnya saya akan bercerita tentang barang-barang yang ada di kamar saya. Di atas meja laptop yang saya gunakan untuk menulis, ada laptop asus putih, al quran, jam tangan, recehan, dompet, kunci, pengharum ruangan, majalah, struk belanja, roll on,. Di bawahnya ada buku tabungan, gelas, minyak wangi, lotion anti nyamuk, rol kabel, plastik, charger, handhone dll. Oke kamar saya memang berantakan dan bauu, belum dirapikan malesss,, hari ini saya libur horeee sekian yaaa



Menurut Ir.Soekarno, Pengertian Pancasila adalah jiwa dari bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya falsafah bangsa tetapi lebih luas lagi yakni falsafah bangsa Indonesia.


Pancasila merupakan hasil perenungan jiwa yang dalam, yang selanjutnya dituangkan dalam suatu “sistem” yang tepat. Sedangkan Notonagoro (Ruyadi, 2003:16) menyatakan, Filsafat Pancasila memberi pengetahuan dan pengertian ilmiah yaitu tentang hakekat dari Pancasila.

Pancasila sebagai suatu sistem filsafat, memiliki dasar ontologis, dasar epistemologis dan dasar aksiologis tersendiri, yang membedakannya dengan sistem filsafat lain.


No comments:

Post a Comment